Perpustakaan dan Lab Bahasa

 

VISI, MISI, SASARAN MUTU, STRUKTUR ORGANISASI

TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI)

UPT PERPUSTAKAAN

POLITEKNIK POS INDONESIA

 

A.   VISI DAN MISI

1.    Visi:

Menjadi pusat pelayanan informasi ilmu pengetahuan yang mendukung tercapainya Politeknik Pos Indonesia sebagai perguruan tinggi vokasi yang unggul secara Nasional dalam bidang Logistik dan Manajemen Rantai Pasok.

2.    Misi:

1)       Menyelenggakaran kegiatan pelayanan informasi fisik dan non fisik  bagi seluruh civitas akademika Politeknik Pos Indonesia dan masyarakat pengguna layanan perpustakaan lainnya untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan.

2)     Menyediakan informasi non fisik berupa informasi bahan pustaka elektronik yang bermanfaat bagi pengguna layanan perpustakaan pada umumnya, dan semua jurusan khususnya.

3)     Berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan peningkatan pelayanan informasi bagi seluruh civitas akademika Politeknik Pos Indonesia

 

B.   SASARAN MUTU

1) Jumlah Eksemplar Koleksi Buku (Setiap Prodi)
2) Jumlah Eksemplar Penambahan Koleksi Buku Baru
3) Jumlah Pengunjung
4) Kecepatan Pemrosesan Buku Perpustakaan sejak diterima sampai siap
5) Fasilitas Jurnal Online
6) Kepuasan Pengguna atas pelayanan perpustakaan
7) 100% pengguna perpustakaan mengisi daftar kunjungan
8) 80% pengguna perpustakaan mengembalikan koleksi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
 

C.   MOTTO DAN JANJI PELAYANAN

1.      MOTTO UPT PERPUSTAKAAN :

AKSES (Aktif, Koleksi, Sumber, Edisi, Senyum)

    Aktif dalam mengidentifikasi bahan pustaka terbaru yang dibutuhkan program studi.

    Koleksi jumlah dan judul buku lengkap sesuai dengan kebutuhan Program Studi.

    Sumber pustaka dan referensi yang handal.

    Edisi bahan pustaka dan referensi terbaru.

    Senyum dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder.

 

2.    JANJI PELAYANAN :

1)     Memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa, dosen, dan unit-unit kerja di lingkungan Politeknik maupun yayasan tanpa membedakan status dan golongan.

2)     Memberikan pelayanan secara cepat, tepat, akurat serta sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditentukan.

3)     Memberikan kemudahan dalam pelayanan sesuai dengan prosedur yang ada.

4)     Memberikan pelayanan terbaik tanpa meninggalkan sikap serta perilaku sopan, santun dan ramah.

D.   STRUKTUR ORGANISASI

 

 

 

E.    TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI)

Unit Perpustakaan merupakan unsur penunjang yang memberikan layanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan kegiatan:

1.    Pengelolaan perpustakaan (perencanaan dan pelaksanaan penambahan koleksi perpustakaan)

2.   Penyediaan layanan dan pendayagunaan bahan pustaka;

3.   Pemeliharaan bahan pustaka (cetak dan elektronik);

4.    Penatausahaan perpustakaan (penyusunan tata tertib, pencatatan, pengamanan);

5.   Penyusunan program pengembangan Perpustakaan sesuai kebutuhan.

 

2.    UPT Perpustakaan diberikan tanggung jawab:

a)         Terselenggaranya kegiatan layanan perpustakaan

b)         Tercatatnya seluruh koleksi bahan pustaka di dalam database perpustakaan.

c)         Terlaksananya kegiatan pengendalian dalam layanan sirkulasi bahan pustaka

d)         Menyediakan koleksi bahan pustaka yang dibutuhkan untuk menunjang kurikulum setiap program studi.

3.      Tugas Staff Perpustakaan

Tugas dan tanggung jawab para staff Perpustakaan yang berjumlah 2 orang sebagai berikut :

Staf 1 diberikan tugas tambahan yaitu:

a)        Mengolah bahan pustaka (Menentukan Subjek, Pengklasifikasian DDC, pemberian nomor induk bahan pustaka, serta labelling bahan pustaka)

b)        Shelving bahan pustaka.

c)         Menginput bahan pustaka yang sudah diolah ke dalam database perpustakaan.

d)        Mengolah seluruh karya Ilmiah Mahasiswa (Mencatat, Labelling serta Shelving Tugas Akhir, Skripsi, Laporan PKL, Internship, Tugas Besar, SKB, Proyek).

e)        Melayani mahasiswa yang membutuhkan koleksi Karya Ilmiah Mahasiswa

f)          Mengelola surat menyurat UPT Perpustakaan

g)        Layanan Sirkulasi

h)        Mengelola segala bentuk pencatatan untuk keperluan administratif

Staf 2 diberikan tugas tambahan yaitu:

a)        Mengolah bahan pustaka (Pemberian nomor induk bahan pustaka, serta labelling bahan pustaka)

b)        Shelving bahan pustaka.

c)         Menginput bahan pustaka yang sudah diolah ke dalam database perpustakaan.

d)        Mengolah seluruh karya Ilmiah Mahasiswa (Mencatat, Labelling serta Shelving Tugas Akhir, Skripsi, Laporan PKL, Internship, Tugas Besar, SKB, Proyek).

e)        Melayani mahasiswa yang membutuhkan koleksi Karya Ilmiah Mahasiswa

f)          Layanan Sirkulasi

100

DOSEN

2500

MAHASISWA

9

PROGRAM STUDI

7500

ALUMNI

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

Learning Management System adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan dalam jaringan, program pembelajaran elektronik, dan isi pelatihan. Sebuah LMS yang kuat harus bisa melakukan hal berikut: menggunakan layanan self-service dan self-guided mengumpulkan dan menyampaikan konten pembelajaran dengan cepat.

Berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pebelajaran dan Keahasiswaan Nomor: 792/B2/TU/2018 tanggal 14 September 2018 tentang Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Politeknik Pos Indonesia. 

RPL adalah pengakuan terhadap Capaian Pembelajaran (CP) yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal atau non formal atau informal, dan/atau pengalaman kerja pada jenjang pendidikan tinggi Salah satu implementasi program pembelajaran sepanjang hayat (life long learning). Salah satu program pemerintah untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja terdidik.

Memberikan kesempatan belajar yang lebih luas bagi anggota masyarakat yang berpengalaman untuk memasuki perguruan tinggi (tanpa pembatasan umur peserta didik) melalui akselerasi dan efisiensi proses pendidikan serta. Peningkatan fleksibilitas prosedur penerimaan mahasiswa (multi entry multi exit).

Informasi Lengkap Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Pengakuan Pengalaman Kerja

Pengalaman & Kompetensi Kerja diakui sebagai raihan SKS matakuliah

Waktu Pendidikan

Waktu tempuh Pendidikan lebih Singkat (D3: ± 1 tahun, D4: ± 1.5 tahun

Biaya

Total biaya pendidikan lebih murah dari program reguler/ kelas karyawan

Jam Kerja

Waktu kerja tidak terganggu oleh sistem pembelajaran Karena menggunakan elearning

TENTANG POLTEKPOS

Politeknik Pos Indonesia memiliki visi menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul secara Nasional dalam bidang Logistik dan Manajemen Rantai Pasok

KONTAK

Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (​YPBPI)

Jalan Sariasih No. 54 Sarijadi Bandung 40151

Jawa Barat Indonesia

Contact Number  :  Sekretariat  +62 22 200 9562 Ext. 124
     HUMAS  +62 813 1234 0362
     PMB  +62 813 1111 0194
Email  :  Sekretariat  info@poltekpos.ac.id
     HUMAS  humas@poltekpos.ac.id

 

Copyright © 2019 Politeknik Pos Indonesia. All Rights Reserved.

Search