Blog Listing

Saturday, 11 September 2021 02:39

Politeknik Pos Indonesia Gelar Pesta Budaya Berbagi Ilmu

Written by
Rate this item
(0 votes)

Dilansir dari laman https://www.republika.co.id/

Perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia memiliki kekuatan moral dalam mengembangkan peradaban bangsa untuk mendorong lahirnya generasi yang terampil dan mandiri. Untuk mencapai tujuan mulia itu, perguruan tinggi memiliki kekuatan untuk menggerakkan perilaku pengembangan diri setiap manusia Indonesia.

Budaya belajar sepanjang hayat (Lifelong Learning) dan berbagi ilmu sepanjang hayat berbasis  social engagement loops dapat didorong untuk mencukupi kebutuhan literasi masyarakat. Gotong royong sebagai karakter dasar bangsa Indonesia dapat dimanfaatkan untuk menyediakan sumber-sumber belajar bersama melalui kepedulian berbagi ilmu.

Selaras dengan upaya menggelorakan semangat berbagi ilmu ini, Politeknik Pos Indonesia melalui Hibah Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) tahun 2021 yang danai oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), serta Forum Rektor Indonesia (FRI) menyelenggarakan GNRM FEST-Pesta Budaya Berbagi Ilmu.

photo

Dari kiri ke kanan: Dr Ir Agus Purnomo, MT selaku penanggung jawab, M Yusril Helmi Setyawan, SKom, M.kom selaku ketua tim, Dr Prety Diawati S Sos, MM selaku wakil ketua tim, dan anggota Roni Andarsyah ST M Kom dan M Harry K Saputra ST M TI. - (Istimewa).

Kegiatan ini bertujuan untuk menyerukan  gagasan dan mengajak seluruh masyarakat, untuk secara bersama-sama membangun sebuah jejaring informasi yang menghimpun sumber-sumber belajar. Sebagai kegiatan awal, pada Sabtu 28 Agustus 2021, Politeknik Pos Indonesia menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD), untuk menyosialisasikan rencana GNRM FEST-Pesta Budaya Berbagi Ilmu, sekaligus menjaring informasi terkini terkait pembelajaran di masa pandemi.
 
Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai sekolah menengah yaitu SMKN 1 Padaherang Kabupaten Pangandaran, SMAN 5 Tasikmalaya, SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, SMK Negeri 11 Bandung, SMAN 1 Ciamis, SMKN 1 Kota Bekasi, SMK Negeri 1 Tanjungpinang, SMKN 2 Sumedang, SMAN 15 Bandung, SMK Negeri 3 Bandung, SMAN 2 Tasikmalaya, SMK Logistik Sumedang, SMAN 1 Banjarsari, juga dihadiri oleh perwakilan akademisi Politeknik Pos Indonesia.
 
Hasil dari FGD ini selanjutnya akan dimanfaatkan sebagai referensi materi-materi yang akan disajikan dalam workshop berupa webinar series.

Bertepatan dengan tanggal berdirinya Google, pada Sabtu 4 September 2021 acara pembukaan GNRM FEST – Pesta Budaya Berbagi Ilmu ini dilaksanakan. Alasan pemilihan tanggal ini adalah untuk mengajak dan berkaca pada kiprah Google, mesin pencari pengetahuan yang telah mengubah peradaban dunia.

 

Dari sini diharapkan, kelahiran Google dapat menginspirasi gerakan berbagi ilmu masyarakat Indonesia untuk membangun peradaban belajar dan cara belajar berbasis crowdsourcing melalui upaya membangun jejaring sumber belajar berbasis internet.

Dalam acara pembukaan yang diselenggarakan secara daring ini, Direktur Politeknik Pos Indonesia, Dr. Ir. Agus Purnomo, MT. mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kepeduliannya terhadap isu learning loss yang dihadapi oleh para siswa di masa pandemic ini yaitu salah satunya menyediakan platform terpadu dan terpandu untuk melengkapi kebutuhan pengetahuan mereka.

“Banyak bertebaran fitur-fitur internet yang berisi pengetahuan namun perlu dipandu agar tidak kontra produktif ” imbuhnya. Dan disela-sela sambutannya, Agus Purnomo, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah berpartisipasi dan juga ucapan selamat kepeda tim GNRM Politeknik Pos Indonesia atas raihan hibah GNRM tahun 2021 dan ini merupakan raihan kali ke-dua dimana tahun 2020 yang lalu Politeknik Pos Indonesia juga mendapatkan hibah yang sama.

Sementara itu, Ketua Tim GNRM Politeknik Pos Indonesia sekaligus ketua penyelenggara GNRM FEST, M. Yusril Helmi Setyawan, S.Kom., M.Kom., dalam paparan pendahuluannya, mengungkapkan pentingnya menyatukan sumber-sumber belajar ini dalam satu wadah terintegrasi, untuk mengurangi proses routing siswa atau pembelajar dalam  menemukan materi-materi belajar secara mudah dan tepat.

Dengan cara ini, resiko efek pandora dan pemborosan kuota internet akan terkurangi karena mekanisme pencariannya terpandu dan peluangnya untuk diterapkan pada jaringan local sangat memungkinkan. Diakhir paparannya, Yusril mengajak semua hadirin untuk bersama-sama menggelorakan semangat berbagi ilmu untuk Indonesia yang lebih baik.

Acara ini dihadiri tak kurang dari 91 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari para siswa, guru, perwakilan perusahaan. Di antaranya PT Pundi Mas Nusantara dan PT Pos Indonesia, juga para akademisi selain dari institusi Politeknik Pos Indonesia, ada juga dari luar institusi.

Misalnya Poltekkes Kemenkes Semarang, Universitas Negeri Medan, Universitas Tanjungpura dan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. Peserta dari sekolah menengah diantaranya SMAN 5 Tasikmalaya, SMAN 12 Garut, SMAN 1 Bandung, SMAN 1 Kalisat, SMAN 1 Kerambitan, SMA Bina Muda Cicalengka, SMAN 1 Parakansalak, SMK IT Ciber Global Orenz Bogor, SMAN 4 Garut dan SMAN 1 Subang.

Sesi workshop pertama yang dimoderatori oleh Dr. Prety Diawati, MM. ini menghadirkan narasumber dari PT. Pos Indonesia (Persero), Bismo Ariobowo, Manajer Public Relations. Dalam paparannya, Bismo berbagi pengalaman tentang crowdsourcing dan budaya berbagi dalam perspektif transformasi budaya akhlak di lingkungan PT. Pos Indonesia.

Akhlak sebagai core value dari bangunan budaya perusahaan ditanamkan untuk mendukung transformasi. Akhlak yang berarti Amanah (memegang teguh kepercayaan yang diberikan), Kompeten (terus belajar dan mengembangkan kapabilitas), Harmonis (saling peduli dan menghargai perbedaan), Loyal (berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara), Adaptif (terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan) dan Kolaborasi (membangun budaya kerjasama yang sinergis).

Selanjutnya di workshop kedua, pembahasan materi dilanjutkan dengan pengenalan Digital Literature Crowdsourcing Platform oleh narasumber kedua yaitu, Harry K. Saputra, ST., M.TI., seorang relawan TIK dan dosen Politeknik Pos Indonesia.  Dalam kesempatan ini, Harry memperkenalkan portal berbagi-ilmu.id. Yaitu portal berbagi informasi berbasis knowledge based management system yang dapat dimanfaatkan secara gratis untuk menghimpun sumber belajar bersama.

Antusiasme peserta nampak saat sesi tanya jawab berlangsung hingga pembagian doorprize di akhir acara, beberapa peserta salah satunya dari kalangan guru saat diwawancarai mengungkapkan dukungannya atas implementasi digital literature crowdsourcing ini.

“Dengan berbagi ilmu maka berarti berbagi sumber daya juga, dan ini akan bermanfaat bagi sekolah yang kekurangan sumber daya” Jelas Ira, perwakilan SMKN 1 Pangkalpinang.

Sebagai informasi, GNRM FEST – Pesta Budaya Berbagi Ilmu ini digelar mulai 4 september hingga 8 Oktober 2021 meliputi berbagai workshop daring, grup-grup diskusi dan pendampingan serta kompetisi kreasi konten. Untuk info lengkap dapat mengunjungi laman https:revolusimental.poltekpos.ac.id.

Read 73 times Last modified on Saturday, 11 September 2021 02:47

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

TENTANG POLTEKPOS

Politeknik Pos Indonesia memiliki visi menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul secara Nasional dalam bidang Logistik dan Manajemen Rantai Pasok

KONTAK

Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (​YPBPI)

Jalan Sariasih No. 54 Sarijadi Bandung 40151

Jawa Barat Indonesia

Contact Number  :  Sekretariat  +62 22 200 9562 Ext. 124
     HUMAS  +62 813 1234 0362
     PMB  +62 813 1111 0194
Email  :  Sekretariat  info@poltekpos.ac.id
     HUMAS  humas@poltekpos.ac.id

 

Copyright © 2019 Politeknik Pos Indonesia. All Rights Reserved.

Search