Blog Listing

Thursday, 08 April 2021 08:40

Poltekpos dan SMKN 11 Bandung Jalin Kesepahaman Penyelarasan Kurikulum

Written by
Rate this item
(0 votes)

Dilansir dari laman https://republikbobotoh.com

Bidang Akademik Politeknik Pos Indonesia (Poltekspos) bekerja sama dengan SMKN 11 Bandung menjalin kesepahaman, penyelarasan kurikulum beberapa bidang, dan implementasi program Fast Track.

Kegiatan ini dilakukan di Kampus Poltekspos Jalan Sariasih No.54 Sarijadi, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa 6 April 2021 dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) Cahyat Rohyana, Direktur Politeknik Pos Indonesia Agus Purnomo sejumlah jajaran pengurus Poltekpos lainnya, dan para Guru SMKN 11 Bandung.

Penyelarasan kurikulum bertujuan agar tidak terjadi tumpang tindih dalam materi-materi yang harus disusun dalam silabus sebagai pedoman dalam pembelajaran dan juga disesuaikan dengan standar KKNI yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Keselarasan lulusan SMK terhadap Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), diharapkan mampu beradaptasi langsung (Siap Digunakan) dan dapat meminimalisasi waktu tunggu lulusan bekerja.

Sedangkan keselarasan pendidikan lanjutan, merupakan pengakuan terhadap pembelajaran tingkat SMK untuk diekivalensi pada matakuliah Poltekpos, mengurangi jumlah matakuliah yang harus ditempuh serta menambah pengalaman dengan program Internship atau magang.

Direktur Poltekpos Agus Purnomo menuturkan, dengan dilakukan tindak lanjut MoU/Kerja sama antara Politeknik Pos Indonesia dengan SMKN 11 Bandung dalam rangka penyelarasan kurikulum untuk semua jurusan yang ada di SMKN 11 Bandung dengan program studi Politeknik Pos Indonesia .

Dia mengemukakan, pada hakekatnya jurusan-jurusan yang ada di SMKN 11 Bandung dengan prodi yang ada di Poltekpos itu ada kemiripan. Maka dari itu selaras dengan program dari Dirjen Diksi dimana salah satu programnya yaitu akselerasi atau fast track dari lulusan SMK bekerja sama dengan Politeknik untuk program Diploma 1 (D1).

“Harapan ke depannya adalah dengan telah selarasnya kurikulum ini nantinya lulusan-lulusan dari SMKN 11 Bandung dapat melanjutkan pendidikannya di Politeknik Pos Indonesia sehingga siswa siswi dapat memperoleh ijazah D1/ijazah fast track," katanya.

Selain itu, juga membuka kesempatan untuk para siswa siswi bisa masuk program studi Diploma 3 dan Diploma 4 (Sarjana Terapan) dimana beberapa mata kuliah atau mata pelajaran telah selaras atau diakui oleh Politeknik Pos Indonesia. Dengan demikian waktu tempuh kuliah di Poltekpos lebih singkat dan dapat meningkatkan atau menguatkan vokasi di Indonesia.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Hendro Tri Winarko mengatakan SMKN 11 Bandung mengharapkan kerja sama ini dapat berlanjut secara lebih luas.

Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia Cahyat Rohyana mengharapkan dengan adanya kerja sama antara Politeknik Pos Indonesia dengan SMKN 11 Bandung dan SMK lainnya dapat menjadikan dunia vokasi semakin kuat dan berkualitas.

"Artinya ini sesuatu yang sangat baik karena vokasi lebih banyak praktikum sehingga siap untuk bekerja langsung terjun ke industri," ujarnya.

Editor: Sirojul Muttaqien

Read 1724 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

TENTANG POLTEKPOS

Politeknik Pos Indonesia memiliki visi menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul secara Nasional dalam bidang Logistik dan Manajemen Rantai Pasok

KONTAK

Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (​YPBPI)

Jalan Sariasih No. 54 Sarijadi Bandung 40151

Jawa Barat Indonesia

Contact Number  :  Sekretariat  +62 22 200 9562 Ext. 124
     HUMAS  +62 813 1234 0362
     PMB  +62 813 1111 0194
Email  :  Sekretariat  info@poltekpos.ac.id
     HUMAS  humas@poltekpos.ac.id

 

Copyright © 2019 Politeknik Pos Indonesia. All Rights Reserved.

Search