Pilihan Bahasa
idarzh-CNenfrdeitjakoruesth

Blog Listing

Rabu, 23 Maret 2022 03:00

Daftar Perguruan Tinggi BUMN (Sumber: detik.com)

Written by
Rate this item
(0 votes)
Daftar perguruan tinggi BUMN. Foto: Aliansi APERTI BUMN Daftar perguruan tinggi BUMN. Foto: Aliansi APERTI BUMN

didapatkan dari Sumber : https://humas.poltekpos.ac.id/2022/03/daftar-perguruan-tinggi-bumn-sumber.html

Jakarta - Di Indonesia ada beberapa perguruan tinggi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang kualitasnya juga oke. Contoh, Telkom University dan Universitas Pertamina.
Salah satu keuntungan kuliah di kampus semacam ini yaitu bisa mendapat kesempatan magang beserta sertifikat di BUMN bersangkutan. Mengutip dari laman resmi masing-masing, berikut ini sejumlah universitas BUMN yang bisa detikers pertimbangkan.
 
1. Universitas Pertamina
Universitas Pertamina adalah perguruan tinggi BUMN tanpa ikatan dinas yang ada di bawah Yayasan Pertamina. Dikutip dari situs resminya, calon mahasiswa tidak cuma bisa memilih prodi saintek, tetapi juga sosial dan humaniora.
 
Beberapa fakultas di Universitas Pertamina yaitu Teknologi Industri, Komunikasi dan Diplomasi, Sains dan Ilmu Komputer, Perencanaan Infrastruktur, Teknologi Eksplorasi dan Produksi, serta Ekonomi dan Bisnis. Di setiap fakultas tersebut ada banyak prodi yang terbilang spesifik, misalnya Geopolitik dan Keamanan Energi atau Manajemen Risiko Energi.
 
2. Telkom University
Berdasarkan ranking Webometrics 2022, Telkom University atau Tel-U menduduki peringkat pertama untuk sektor universitas swasta terbaik di Indonesia. Kampus yang berada di Jawa Barat ini memiliki tujuh fakultas, yakni Fakultas Teknik Elektro, Rekayasa Industri, Informatika, Ekonomi dan Bisnis, Komunikasi dan Bisnis, Industri Kreatif, dan Ilmu Terapan.
 
3. Institut Teknologi PLN (ITPLN)
Institut Teknologi PLN dinaungi oleh Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN. Perguruan tinggi tanpa ikatan dinas ini tengah membuka pendaftaran dengan seleksi rapor sampai 1 April 2022 jam 23.59 WIB.
 
Sejumlah fakultas yang dibuka di ITPLN yaitu Telematika Energi, Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, serta Teknologi dan Bisnis Energi. Disebutkan dalam situs resminya, ITPLN akan membuka banyak prodi baru, misalnya S1 Geografi, Teknik Lingkungan, Rekayasa Sistem Komputer, dan lain sebagainya.
 
4. Politeknik Pos Indonesia
Politeknik Pos Indonesia didirikan Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia pada 2001. Di dalamnya ada sepuluh program studi, yaitu D3 Logistik Bisnis, D3 Manajemen Bisnis, D3 Teknik Informatika, D3 Sistem Informasi, D3 Akuntansi, D4 Logistik Bisnis, D4 Manajemen Bisnis, D4 E-Commerce Logistics, D4 Teknik Informatika, dan D4 Akuntansi Keuangan.
 
Politeknik Pos Indonesia punya banyak jalur pendaftaran, yakni jalur undangan, nilai rapor, mandiri, UTBK, alih jenjang, rekognisi pembelajaran. Peserta SBMPTN 2022, 2021, dan 2020 bisa mendaftar via jalur UTBK tanpa tes dengan menyertakan nilai UTBK.
 
 
5. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)
Universitas Internasional Semen Indonesia menyelenggarakan perkuliahan dengan pengantar bahasa Inggris. Selain dinaungi oleh PT Semen Indonesia, mahasiswanya juga berkesempatan magang di Semen Indonesia Group, termasuk di unit kerja luar negeri mereka seperti Semen Thang Long di Vietnam.
 
Sejumlah prodi yang ditawarkan di sana adalah Desain Komunikasi Visual, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Informatika, Manajemen, Sistem Informasi, Manajemen Rekayasa, Teknik Kimia, Teknik Logistik, Teknologi Agroindustri. Adapun pendaftaran masuk UISI dibuka melalui beberapa jalur, yaitu tanpa tes atau rapor, kemitraan, alih jenjang, dan transfer. Masing-masing jalur seleksi ini juga digolongkan ke dalam dua kategori, yaitu registrasi untuk perkuliahan kelas pagi atau sore.
 
Itulah beberapa perguruan tinggi BUMN yang bisa dicoba oleh calon mahasiswa baru.

 

Read 1666 times Last modified on Rabu, 23 Maret 2022 03:03

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

TENTANG POLTEKPOS

Politeknik Pos Indonesia memiliki visi menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul secara Nasional dalam bidang Logistik dan Manajemen Rantai Pasok

KONTAK

Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (​YPBPI)

Jalan Sariasih No. 54 Sarijadi Bandung 40151

Jawa Barat Indonesia

Contact Number  :  Sekretariat  +62 22 200 9562 Ext. 124
     HUMAS  +62 813 1234 0362
     PMB  +62 813 1111 0194
Email  :  Sekretariat  info@poltekpos.ac.id
     HUMAS  humas@poltekpos.ac.id

 

Copyright © 2019 Politeknik Pos Indonesia. All Rights Reserved.

Search