Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) merupakan unit organisasi Politeknik Pos Indonesia yang tahun 2016 berfungsi melakukan evaluasi atas kinerja penyelenggaraan bidang akademik dan bidang non akademik dan mempunyai fungsi merancang dan menetapkan standar pendidikan tinggi, mengevaluasi pelaksanaan standar pendidikan tinggi berupa audit mutu dan kinerja Prodi serta unit kerja, mengendalikan standar pendidikan tinggi, dan meningkatkan standar pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

SPMI poltekpos sudah dibentuk sejak 14 Maret 2007, SK Dir No. 64/SKEP/DIR/PPI/2007 Tentang Pembentukan Satuan Pengawasan dan Penjaminan Mutu Akademik (SPPMA).

Tahun 2016 SPMI Poltekpos sudah mengirimkan tim SPMI untuk mengikuti Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu / Akreditasi Pendidikan Tinggi  oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tanggal 18-20 April 2016 Hotel Harris, Bandung.

Selain itu personil SPMI Poltekpos juga pernah mengikuti Workshop Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis Wilayah IV pada tanggal 12 s/d 14 Mei 2016, tempat pelaksanaan di Gedung Diklat Kopertis Wilayah IV, Jl. Raya Jatinangor km. 20,5 Sumedang.

Hasil dari beberapa kali mengikuti pelatihan dan workshop penjaminan mutu internal, SPMI Poltekpos berusaha keras untuk terus mengembangkan SPMI melalui Manajemen SPMI, yaitu PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) terhadap standar mutu yang mengacu kepada Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Adapun siklus Manajemen SPMI yang digunakan seperti gambar berikut: