Visi

Menjadi Program Studi terkemuka yang unggul di bidang Manajemen Pemasaran dan memiliki kemampuan Logistik dan Manajemen Rantai Pasok

Misi

Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga profesional di bidang manajemen pemasaran yang unggul untuk mendukung manajemen rantai pasok yang berdaya saing internasional.

Melaksanakan penelitian terapan di bidang manajemen pemasaran yang mendukung bidang teknologi postal, logistik, dan manajemen rantai pasok, yang bermanfaat bagi mitra industri.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat maupun industri, pemanfaatan hasil pendidikan, penelitian dibidang manajemen pemasaran untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat secara luas.

Profil Lulusan

Sebagaimana visi, misi, tujuan dan sasaran program studi yang diharapkan dari lulusan Manajemen Pemasaran adalah  yang memiliki kompetensi keilmuan dengan mengelola sumberdaya yang terkait dengan pemasaran bidang penjualan, pelayanan pelanggan, dan periklanan. Sehingga setiap lulusan memiliki pengetahuan dan kemampuan bidang manajemen pemasaran secara utuh serta ditunjang pemahaman secara konseptual mengenai logistik dan manajemen rantai pasok. Kemampuan lain yang ingin dibangun dalam kurikulum adalah kemampuan lulusan yang mempunyai kemampuan menganalisis;  ketrampilan interpersonal dan kerja tim; serta kemampuan dan ketrampilan penerapan teknologi dan sistem informasi pemasaran.

Profil lulusan Program Studi Manajemen Pemasaran Diploma III Politeknik Pos Indonesia adalah:

  1. Staf Pemasaran bidang Penjualan:
    • Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
    • Melaksanakan komunikasi pemasaran
    • Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)
    • Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial
    • Melaksanakan keterampilan penjualan
    • Menyusun rencana aktifitas penjualan
    • Merencanakan Riset terhadap sebuah merek
    • Mengolah data riset
    • Melaksanakan Event (bagian dari komunikasi merek)
  2. Staf Pemasaran bidang Pelayanan Pelanggan:
    • Menjelaskan produk/jasa perusahaan
    • Mendokumentasi data keluhan pelanggan
    • Membuat laporan profil dan keluhan pelanggan
    • Mewujudkan kepuasan pelanggan
    • Menangani keluhan pelanggan
  3. Staf Pemasaran pada bidang Periklanan:
    • Melakukan hubungan kerja harian dengan klien
    • Mengidentifikasi kebutuhan periklanan klien
    • Mengajukan persetujuan klien
    • Melakukan penyusunan laporan pertemuan
    • memantau perkembangan pasar produk klien