Category Archives

    essgrid

  • All
  • Cerita Pendek Perjuangan Muhammad Hanafi Menjadi Duta Pendidikan

    keluarga_muhammad_hanafi
    Keluarga Muhammad Hanafi
    hanafi_dengan_dosen_D4_TeknikInformatika
    Bersama Dosen D4 Teknik Informatika
    tugas_pertama_jawa_timur
    Tugas Pertama di Jawa Timur Rekrutmen Pelajar Multi Talenta

    Cerita Hanafi Mengikuti Ajang Putera Puteri Pendidikan Indonesia 2017

    Pendaftaraan saat itu saya lakukan secara online di saat saya pulang kampung ke Jawa Timur, Mojokerto. Saat itu, saya melakukan seleksi tahap 1 dengan cara membuat video inovasi pendidikan Indonesia dan yang kedua saya membuat video unjuk bakat.

    Sekitar 3 hari menunggu pengumuman dari panitia nasional, Alhamdulillah ada pengumuman bahwa saya masuk tahap 2. Dan saat itu saya mempersiapkan diri, sekaligus meminta doa kepada masyarakat dan juga kedua orang tua saya.

    Setelah saya kembali ke Bandung, saya menjalani perkuliahan seperti biasa setelah liburan semester ganjil. Setelah 1 minggu di Bandung saya menjalankan seleksi tahap 2, dimana pada saat itu acara dilaksanakan di Resto BAKMI 53. Disana saya bertemu dengan banyak para pemuda multi talenta dari Sabang sampai Merauke.

    Beberapa jam setelah mengantri nomor panggilan untuk diadakan tanya jawab sekaligus unjuk bakat ulang. Alhamdulillah saya menjalankannya dengan lancar.

    Beberapa hari menunggu pengumuman, saya selalu berdoa dan mempersiapkan diri.

    Pengumuman pun disampaikan dan diantara 500 orang saya masuk kedalam 50 besar. Setelah itu saya berjuang lagi untuk Karantina dan Grandfinal.

    Perjuangan begitu berat. Perlengkapan dan segalanya harus disiapkan dalam waktu yang pendek. H-1 saya memberitahukan kepada dosen-dosen dan Alhamdulillah Para Pendidik di Politeknik Pos Indonesia sangat mengapresiasi saya. Terimakasih Jajaran Politeknik Pos Indonesia yang sudah mendukung dan mendoakan saya.

    Setelah itu Karantina pun saya jalani ketika hari sabtu. Istirahat yang bisa dihitung selama 24 jam hanya 3 jam kita para finalis beristirahat. Banyak materi, banyak kunjungan yang harus kita lewati dan pahami.

    Hari grandfinal pun datang kita semua deg-deg an karena para jurinya luar biasa. Ada miss Pariwisata Indonesia yang menonton kita. Sungguh sebuah kompetisi nasional yang sangat luar biasa. Ketika giliran saya, disitu di lontarkan sebuah pertanyaan yang harus dijawab dengan tepat dan singkat, hanya dalam waktu 1 menit.

    Ketika semua usai, waktunya kita mendengarkan pengumuman hasil penilaian dari awal hingga akhir. Akhirnya, perjuangan pun tak sia-sia saya mendapatkan PAKAIAN KEANGGUNAN DAN SELEMPANG KEHORMATAN, SERTA SERTIFIKAT DUTA PENDIDIKAN INDONESIA 2017.

    Terimakasih semua atas dukungan kalian. Inilah sedikit kisah dari banyak kisah yang ingin saya sampaikan untuk memotivasi kalian para generasi muda penerus bangsa Indonesia.

  • foto-bersama-dengan-mahasiswa-politeknik-pos-indonesia Kuliah Umum E-Commerce: Strategies, Opportunities and Challenges

    E-Commerce:
    Strategies, Opportunities and Challenges

    ketua_yayasan_dengan_donny_wardhana
    Ketua Yayasan, Bapak Heriyanto (kanan) memberikan Plakat Politeknik Pos Indonesia sebagai kenang-kenangan kepada Donny Wardhana (kiri)
    direktur_poltekpos_dengan_ilham_mahendra
    Direktur Poltekpos, Bapak Agus Purnomo (kanan) memberikan kenang-kenangan kepada Ilham Mahendra (kiri)

    Sebagai Modal Program Logistik Politeknik Pos Indonesia

    foto-bersama-dengan-mahasiswa-politeknik-pos-indonesia
    Sesi akhir foto bersama Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia

    BANDUNG, Poltekpos –  Direktur Ketua Yayasan, Wadir, Dosen dan Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia menghadiri kuliah umum di ruangan Halo Pos 161, Politeknik Pos Indonesia. Kuliah umum dengan tema “Strategies, Opportunities dan Challenges” diselenggarakan dalam rangka membangun program konsentrasi E-Commerce Logistics.(31/3)

    Bapak Donny Wardhana sebagai Chief of Commercial Officer Acommerce dan Ilham Mahendra sebagai Procurement Manager Pos Logisitik hadir sebagai pembicara pada acara ini.

    Sesi I yang dibawakan oleh Ilham Mahendra menjelaskan banyak proses aktivitas dalam logistik e-commerce seperti Cross Border (Ekspor-Impor), Procurement Center (menerima, pengecekan, pengiriman), Channel Management (aktivitas dan dokumen) dan Last Mile Delivery (pesan antar).

    Selain itu juga, dia memaparkan bahwa e-commerce di Indonesia baru beberapa tahun belakangan ini meledak.

    “Amazon dan Ebay adalah e-commerce yang sudah berjalan tahun 90-an. Mengapa di Indonesia baru belakangan ini meledak? Itu karena mindset. Eropa dan Amerika memanfaatkan teknologi, tergantung dari teknologi. Karena itu, Indonesia menjadikan mereka prototype atau contoh sebelum membangun e-commerce”, kata Ilham.

    Dilanjut dengan sesi II yang dibawakan oleh Bapak Donny, menjelaskan statistik pengguna e-commerce, platform yang digunakan dan e-commerce yang sering diakses.

    “Lazada adalah e-commerce yang sering diakses untuk belanja online, termasuk Indonesia. Indonesia adalah negara Asia nomor 2 yang menggunakan jasa commerce untuk berbelanja karena memang mudah dengan platform Smartphone sudah bisa berbelanja”, katanya.

    Dia menambahkan juga banyak cara untuk bisnis online terutama dikalangan mahasiswa. Cara yang mudah untuk bisnis online mahasiswa atau UKM bisa gunakan sosial media atau social commerce. Karena dengan itu bisa mendapatkan fee yang lebih murah.

    Kesimpulan kuliah umum ini adalah e-commerce adalah industri yang berkembang, menarik dan dinamis dalam transaksi jual beli. Dan memberikan informasi kepada mahasiswa dan modal utama Poltekpos yang saat ini dalam proses membangun e-commerce.

  • Kampus Logistik Bandung, Logistik Bisnis Workshop on Creativity, Innovation, and Enterpreneurship

    Seminar Internasional Sebagai Bentuk Kerjasama Poltekpos dengan Universiti Teknologi Malaysia

    sambutan_direktur_poltekpos_agus_purnomo
    Sambutan dari Direktur Politeknik Pos Indonesia, Agus Purnomo
    sambutan_pembicara_universiti_teknologi_malaysia_prof_dr_amran
    Sambutan Pembicara dari Universiti Teknologi Malaysia, Prof Dr Amran Rasli

    BANDUNG, PoltekposPoliteknik Pos Indonesia mengadakan acara Mini Seminar International dengan Tema WORKSHOP ON CREATIVITY, INNOVATION, AND ENTERPRENEURSHIP di Halo Pos 161, Gedung Pendidikan, Jumat (24/3).

    Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka membangun kerjasama internasional dengan Universiti Teknologi Malaysia. Pembicara seminar ini adalah Prof Dr Amran Md Rasli (Director of Innovation & Commercialisation Centre UTM).

    Acara ini dihadiri oleh Yayasan Bhakti Politeknik Pos Indonesia, Direktur Poltekpos, Wadir I, Wadir II, Perwakilan Asperindo, Perwakilan Unjani, Dosen, Staf, dan Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia.

  • OZ Radio Masuk Kampus Poltekpos

    BANDUNG, Poltekpos – Radio OZ Bandung menggelar kegiatan OZ Masuk Kampus bertema Pesona Indonesia di Auditorium Poltekpos, Jumat (24/3).

    Acara ini diisi dengan pemaparan materi mengenai dunia broadcasting khususnya radio. Kegiatan “OZ Masuk Kampus” didukung oleh Kementerian Pariwisata dengan campaign Workshop Explore Further Pesona Indonesia (Jelajahi Lebih Jauh Pesona Indonesia).

    Tujuan workshop ini adalah  pembuatan materi promosi media elektronik tentang destinasi wisata yang ada di Indonesia khususnya daerah Bandung, seperti Garut, Bogor, Purwakarta, dan lainnya. Dan ini juga sebagai modal untuk Video Contest yang diselenggarakan oleh OZ Radio.

    Acara ini dihadiri oleh Wakil Direktur III Kemahasiswaan Politeknik Pos Indonesia, Bapak Hilman Setiadi; Perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Artis Edi Brokoli, dan teman-teman dari InfoBDG.