Manajemen Bisnis D4

Visi

Menjadi Program Studi yang Unggul di Bidang Manajemen Bisnis yang memiliki kemampuan mendukung dalam Bidang Logistik dan Supply Chain Management secara nasional pada tahun 2020

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga profesional di bidang Manajemen Bsinis yang berorientasi pada kebutuhan industri di bidang logistik dan Supply Chain Management dan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri.
  2. Menghasilkan kegiatan penelitian dan pengembangan yang mempunyai kontribusi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di bidang penerapan Manajemen Bisnis yang mendukung bidang teknologi postal, logistik, dan suply chain management yang bermanfaat bagi mitra industri.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan industri berupa pemecahan masalah, konsultasi, penyuluhan, pelatihan dan workshop serta pemanfaatan hasil pendidikan, penelitian di bidang Manajemen Bisnis untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat secara luas.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang:
    • Tepat waktu,
    • Mempunyai IPK rata-rata 3.0,
    • Mempunyai waktu tunggu mendapatkan pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan,
    • Mempunyai gaji di atas rata-rata nasional,
    • Mempunyai skor TOEFL rata-rata 475,
    • Memberikan kepuasan tinggi pada pemberi kerja.
  2. Setiap lulusan memiliki kemampuan teknis dalam menerapkan prinsip pengelolaan bisnis serta memiliki minimal satu keahlian yang bersertifikasi, baik nasional maupun internasional.
  3. Setiap dosen melakukan penelitian dan menghasilkan:
    • Setiap tahun paling sedikit satu publikasi dalam jurnal ISSN, Jurnal nasional yang terakreditasi dan internasional
    • Paling sedikit memiliki satu sertifikasi di bidang pengelolaan bisnis
    • Paling sedikit memberikan satu konsultasi mengenai pengelolaan perusahaan dalam satu tahun bagi mitra industri dan/atau masyarakat.
    • Melaksanakan paling sedikit dua kegiatan pembinaan dan satu kegiatan pelatihan pengelolaan bisnis dalam satu tahun bagi mitra industri dan/atau masyarakat dalam membina, mengembangkan, dan memanfaatkan sumberdaya yang ada di masyarakat untuk lebih produktif dan kreatif.

STRATEGI PENCAPAIAN

Untuk mencapai sasaran tersebut, maka strategi pencapaian yang dilakukan adalah :

  1. Melakukan kerjasama dengan industri untuk program Internship/magang mahasiswa
  2. Mencarikan tempat bekerja bagi lulusan
  3. Pelaksanaan test TOEFL di setiap semester sehingga akan diketahui progress nilai TOEFL mahasiswa dan diharapkan di semester akhir (semester 8) rata-rata nilai TOEFL 475 dapat tercapai.
  4. Untuk mengembangkan kemampuan Softskill, mahasiswa di Program Studi D4 Manajemen Bisnis wajib untuk mengikuti kegiatan Character Building, Outbound, LKMM (Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa) dan satu kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)
  5. Menyesuaikan kurikulum yang berbasiskan kebutuhan industri dengan pola pemagangan berkala yaitu pada semester 5 dan semester 8
  6. Melakukan kunjungan ke industri, melakukan workshop dan Kuliah Umum di bidang Bisnis dan atau Supply Chain Management.
  7. Melaksanakan Uji Kompetensi Mahasiswa di Bidang Bisnis dan Logistik, diantaranya adalah: Uji kompetensi Sales Operation, Service Operation, dan Ekspor Impor.
  8. Melakukan pelatihan-pelatihan yang dapat menambah kemampuan softskill dan pengalaman mahasiswa seperti: Public Speaking and Presentation Skill, Leadership, dan Table Manner.
  9. Memiliki wawasan bisnis (wirausaha) yang diaplikasikan dalam bentuk tugas besar/Proyek Gagasan Inovatif Tertulis, Business Plan dan Studi Kelayakan Bisnis. Disamping itu, mahasiswa juga dilibatkan dalam penelitian kemahasiswaan seperti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) sejak semester satu.

POSISI KERJA/PROFIL LULUSAN

Bidang pekerjaan yang dapat ditekuni lulusan antara lain:

  1. Manajer/Asisten Manajer
  2. Pengusaha/Wiraswasta
  3. Perencana dan pengembang bisnis
  4. Supervisor

Peluang kerja Lulusan:

Lulusan dapat berkerja di Perusahaan Industri Logistik, Institusi Pemerintahan maupun manajer di perusahaan BUMN, Pemerintah maupun swasta ataupun sebagai wirausaha/pebisnis.

SERTIFIKASI KOMPETENSI

Setiap lulusan Program Studi D4 Manajemen Bisnis dibekali dengan berbagai sertifikasi yang akan menunjang pekerjaannya nanti, yaitu:

  1. Sertifikasi SAP Fundamental,
  2. Sertifikasi SAP Sales Order,
  3. Sertifikasi Brand Opperation,
  4. Sertifikasi Sales Opperation,
  5. Sertifikasi Expor Impor,
  6. Sertifikasi Service Opperation,
  7. Sertifikasi Microsoft, dan
  8. Bahasa Inggris (TOEFL/TOEIC).

Kurikulum D4 Manajemen Bisnis

SEMESTER I
SEMESTER V
SEMESTER II
SEMESTER VI
SEMESTER III
SEMESTER VII
SEMESTER IV
SEMESTER VIII