Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Politeknik Pos Indonesia merupakan institusi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia pada tanggal 5 Juli 2001 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor. 56/D/0/2001. Yang mempunyai kegiatan melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pemberian ijin pendirian Politeknik Pos Indonesia adalah pada jalur Diploma III untuk jurusan Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Akuntansi, Pemasaran dan Logistik Bisnis.

Bersamaan dengan berdirinya Politeknik Pos Indonesia, di dalam organisasinya terdapat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) yang bertugas menangani penelitian, pengabdian serta pelatihan untuk meningkatkan dan menjaga kemampuan profesionalitas keahlian yang tinggi dan berkualitas bagi dosen dan mahasiswa yang ada di Politeknik Pos Indonesia khususnya.

Pada bidang penelitian itu sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu internal dan external. Pada bagian internal penelitian perlu dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga kemampuan profesionalitas keahlian yang tinggi dan berkualitas bagi dosen dan mahasiswa yang ada di Politeknik Pos Indonesia. Sedangkan pada bagian eksternal terbentuknya kerjasama antar lembaga dan industri. Pada bidang pengadian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan, seminar dan kegiatan lain sejenis adalah dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya yang ada di masyarakat dan industri khususnya bidang usaha kecil dan menengah sebagai peran serta dari Politeknik Pos indonesia.

Program Pelatihan yang dilakukan di LPPM Poltekpos dilaksanakan guna memenuhi Standar Kompetensi Kerja bidang Telematika dan Logistik  dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi kerja Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Logistik guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (Attitute, Skill, Knowledge). Khususnya dalam bidang Telematika meliputi skema pembuatan aplikasi database berbasis Oracle dan skema instalasi infrastruktur jaringan komputer (LAN), sedangkan untuk bidang Logistik meliputi skema pelaksana Ekspor Impor. Kompetensi-kompetensi tersebut disampaikan dalam materi pengajaran yang telah telah disesuaikan dengan SKKNI. Peserta Pelatihan dapat berasal dari berbagai kalangan, diantaranya mahasiswa, pegawai, wirausahawan, dan kalangan akademisi seperti guru.

Politeknik Pos Indonesia sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi yang berdiri sejak 2001 sedikit banyak telah berperan dalam mencetak sumber daya manusia khususnya di bidang telematika dan logistik. Ditunjang dengan berbagai hibah pengembangan khususnya Program Hibah Kompetisi Pengembangan Mutu Pendidikan Politeknik (PHK-PMPP) pada tahun 2014-2016. PHK-PMPP memfokuskan output pada tahun pertama berupa Pengembangan Kurikulum KKNI dan Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi. Guna menyiapkan para peserta sertifikasi berhasil mendapatkan rekomendasi kompeten dalam bidang kerjanya maka Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) sebagai salah satu divisi pengembangan sumber daya  manusia menyelenggarakan Program Pelatihan Berbasis Standar Kompetensi Kerja dalam bidang Telematika dan Logistik sebagai pembekalan sebelum melakukan proses sertifikasi profesi.

Visi

Menjadikan lembaga penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat yang terkemuka secara nasional dan internasional

Misi

  1. Meningkatkan kemampuan profesionalitas keahlian yang tinggi dan berkualitas bagi dosen-dosen Politeknik Pos Indonesia
  2. Menghasilkan karya ilmiah terapan yang bermanfaat bagi mitra industri, khususnya dalam bidang logistik dan manajemen rantai pasok serta teknologi postal dan pada umumnya dalam bidang-bidang Akuntansi, Pemasaran, Manajemen informatika, dan Teknik Informatika untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional
  3. Berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan dan kualitas sumber daya masyarakat serta pertumbuhan ekonomi terutama mendorong pengusaha kecil dan menengah agar dapat mendukung daya saing nasional.

Tujuan LPPM

  1. Meningkatkan kualitas Lembaga Penelitian sebagai Pusat Informasi Riset.
  2. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas jurnal hasil-hasil penelitian, artikel ilmiah dan perkembangan metode riset terbaru.
  3. Menciptakan iklim dan budaya meneliti dengan berbagai pelatihan metodologis baik pada tingkat pemula maupun lainjutan.
  4. Mempublikasikan karya ilmiah para dosen dalam jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.
  5. Menyediakan majalah ilmiah terbitan berkala sebagai wadah karya dan artikel ilmiah.
  6. Mendorong kreativitas, inovasi, dan produktivitas dalam meneliti melalui berbagai kajian penelitian seperti dalam hibah bersaing, penelitian dosen muda dan kajian wanita, dan penelitian keilmuan lainnya.
  7. Membentuk kelompok-kelompok kajian yang dikoordinasikan oleh kepala pusat studi yang terdiri dari pusat studi Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya bagi masyarakat dan mitra industri.
  8. Melaksanakan kegiatan berupa pelatihan, seminar, dan kegiatan lain yang sejenis kepada masyarakat dan mitra industri.

Program Kerja

Untuk menunjang Visi, Misi, dan Tujuan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Politeknik Pos Indonesia maka perlu dilakukan implementasi. Untuk mengimplementasikannya diperlukan Rencana Kerja, Berikut adalah rencana kerja LPPM Politeknik Pos Indonesia Tahun 2016 :